Element Compositing - Sesi Foto

Element compositing adalah salah satu teknik, menggabungkan beberapa image yang berbeda. Misalnya Anda ingin menggabungkan foto seorang tentara di pegunungan salju. Anda hanya melakukan sesi foto untuk subjek, sementara untuk background, Anda menggunakan image yang diperoleh dari internet.

Bila melakukan foto sesi untuk subjek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tentukan Background Dahulu

Hal yang pertama harus dilakukan adalah, pastikan dahulu background yang akan digunakan. Karena kita tidak bisa merubah banyak hal pada foto yang sudah jadi.

Match the light

Setelah background ditentukan, perhatikan pencahayaan pada foto tersebut. Tiru pencahayaan tersebut dan lakukan hal yang sama pada sesi foto Anda. beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah arah dan intensitas cahaya, kualitas dan warna dari pencahayaan.

Intensitas adalah seberapa terang atau gelap cahaya tersebut.

Arah cahaya juga harus diperhatikan, bila pada gambar background cahaya dari kanan, saat sesi foto juga harus sama. Tentu tidak akan masuk logika jika bayangan subjek yang kita foto berbeda dengan bayangan pada background.

Kualitas cahaya adalah tentang cahaya yang lembut atau cahaya yang tegas, contoh cahaya tegas adalah cahaya matahari di siang hari yang cerah, contoh soft light adalah suasana saat mendung, atau bila di simulasikan dalam studio, sumber cahaya yang besar dan menggunakan difuser atau softbox.\



Warna cahaya adalah apakah cahaya cenderung dingin atau hangat. Saat pagi /sore hari (sunrise atau sunset) cenderung warna cahaya lebih hangat, sementara bila ditengah hari, warna cahaya lebih terasa dingin.



Tips Menambahkan elemen dari background akan membantu mempermudah saat kita menyatukan subjek hasil foto dengan background. Contoh, bila background adalah tema pantai, menambahkan pasir di area kaki subjek akan sangat membantu mempermudah blending.

Perhatikan Perspektif

Bila foto background memiliki perspektif di foto dari atas ke bawah, maka saat memotret subjek juga perlu dilakukan hal yang sama.

Perhatikan Focal Length

Bila background di foto dengan lensa wide angle, usahakan menggunakan wide angle juga saat memotret subjek. Bila menggunakan telefoto lens, foto juga subjek dengan lensa yang sama. Demikian seterusnya.


Artikel Terkait  Match Perspective


source: phlearn - element compositing
Element Compositing - Sesi Foto Element Compositing - Sesi Foto Reviewed by noname needed on December 23, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.